CRM berkonsentrasi pada apa yang dinilai oelh pelanggan bukan pada apa yang perusahaan ingin jual. pelanggan tidak menginginkan diperlakukan sama satu sama yang lainnya melainkan lebih ke personaliatas masing masing pelanggan. namun, pada dasarnya CRM merupakan suatu cara untuk menganalisa perilaku pelanggan yang dimiliki oleh perusahaan, dimana melalui hasil analisa tersebut perusahaan akan daoat menentukan bagaimana cara agar pelanggan dapat merasa terlayani secara personal sehingga diharapkan oyalitas terhadap perusahaan akan tetap terjaga.
sasaran utama CRM bukan pada tingkat kepuasan pelanggan, tetapi lebih kepada bagaimana nantinya loyalitas pelanggan tersebut kepada perusahaan. sasaran lainnya adalah menggunakan hubungan yang ada untuk meningkatkan penghasilan dengan menggunakan informasi yang terintegrasi untuk pelayanan yang lebih baik.
Aktivitas utama pada CRMaktivitas pada CRM bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. berikut gambaran aktivitas CRM pada umumnya:
membangun database pelanggan yang kuat
beberapa alasan mengapa sebuah perusahaan perlu membangun sebuah datase mengenai pelanggannya yaitu nilai dari database pelanggan yang bisa dikatakan sebagai aset dari perusahaan yang tidak kalah penting seperti aset finansial. selain itu, database dari pelanggan bsia digunakan sebagai parameter tentang n bagaimana kondisi perusahaan saat itu dan menentukan apa yang perlu dilakukan di masa yang akan datang.
Banyak cara yang dapat dilakukan sebagai upaya pembangunan sebuah database pelangan, seperti membuat sistem member card bagi pelanggan, melakukan pengisian data melalui pengambilan kartu garansi dan lain sebagainya. namun kebanyakan yang dilakukan sekarang adalah menerbitkan kartu keanggotaan bagi costumer yang datang pada perusahaan.
Membuat profil dari setiap pelanggan
profil pelanggan menyangkut segala aktifitas yang dilakukan oleh pelanggn mengenai penggunaan produk ataupun layanan perusahaan. profil pelanggan akan memberikan gambaran tentang kebutuhan, keinginan dan juga concern pelanggan mengenai produk atau layanan perusahaan.
sasaran utama CRM bukan pada tingkat kepuasan pelanggan, tetapi lebih kepada bagaimana nantinya loyalitas pelanggan tersebut kepada perusahaan. sasaran lainnya adalah menggunakan hubungan yang ada untuk meningkatkan penghasilan dengan menggunakan informasi yang terintegrasi untuk pelayanan yang lebih baik.
Aktivitas utama pada CRMaktivitas pada CRM bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. berikut gambaran aktivitas CRM pada umumnya:
membangun database pelanggan yang kuat
beberapa alasan mengapa sebuah perusahaan perlu membangun sebuah datase mengenai pelanggannya yaitu nilai dari database pelanggan yang bisa dikatakan sebagai aset dari perusahaan yang tidak kalah penting seperti aset finansial. selain itu, database dari pelanggan bsia digunakan sebagai parameter tentang n bagaimana kondisi perusahaan saat itu dan menentukan apa yang perlu dilakukan di masa yang akan datang.
Banyak cara yang dapat dilakukan sebagai upaya pembangunan sebuah database pelangan, seperti membuat sistem member card bagi pelanggan, melakukan pengisian data melalui pengambilan kartu garansi dan lain sebagainya. namun kebanyakan yang dilakukan sekarang adalah menerbitkan kartu keanggotaan bagi costumer yang datang pada perusahaan.
Membuat profil dari setiap pelanggan
profil pelanggan menyangkut segala aktifitas yang dilakukan oleh pelanggn mengenai penggunaan produk ataupun layanan perusahaan. profil pelanggan akan memberikan gambaran tentang kebutuhan, keinginan dan juga concern pelanggan mengenai produk atau layanan perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar