Selasa, 29 Mei 2012

Sistem Informasi dan Organisasi

Mengapa kita perlu mempelajari keterkaitan antara organisasi dan sistem informasi?  karena dengan mendayagunakan sistem informasi dengan baik pada organisasi akandapat mengurangi biaya dan menaikkan profit organisasi tersebut,

bagaimana? yuks baca lagi :)

Organisasi adalah suatu kumpulan dari berbagai sumber daya baik manusia maupun yang lainnya yang bersinergi untuk mencapai suatu tujuan utama. suatu organisasi pasti memiliki struktur pada kepengurusannya. salah satu contohnya pada tipe struktur yang masih tradisional. struktur ini terdiri dari 4 tingkatan yang membetuk sebuah segitiga menajemen. lihat gambar


Struktur Organisasi Tradisional


Dapat dilihat bukan, bahwa semakin ke atas, maka posisi dari seorang organisatoris akan semakin tinggi beban serta tanggung jawabnya. dan bagaimana sebuah organisasi dapat mempengaruhi sebuah sistem? 

 mari kita tinjau dulu peran sebuah organisasi pada sistem dan juga teknologi. 
sebuah manajer pada sebuah organisasi tentunya akan merancang sebuah desain mengenai sistem yang nantinya akan melibatkan bawahannya dalam pengimplementasiannya. dimana pada proses itu akan melibatkan pula teknologi informasi. melalui keputusan-keputusan yang telah dibuat itulah nantinya akan berpengaruh pada sistem informasi yang ada.

Organisasi memiiki peran langsung dalam memanfaatkan teknologi yang ada melalui keputusannya terhadap bagaimana teknologi itu akan digunakan dan siapa saja yang akan berperan dan menggunakannya.


Saat ini kelompok sistem informasi menjadi agen perubah yang sangat kuat dalam organisasi, mendesak strategi baru dalam bisnis dan memaksa produk-produk dihasilkan dengan berbasis informasi serta memerlukan koordinasi antara pengembangan teknologi dan perencanaan perubahan organisasi. Manajer sistem informasi adalah pimpinan tim programer dan analis, manajer proyek, manajer fasilitas fisik, manajer telekomunikasi, kepala kantor dan kelompok automation, dan manajer operasi komputer dan staf data entry. End user adalah representatif dan departemen diluar kelompok sistem informasi dimana aplikasi di kembangkan. Pemakai (users) ini mempunyai peran penting dalam desain dan pengembangan sistem informasi.


jadi, pertanyaan mengapa organisasi perlu mengadopsi fungsi dari sistem informasi adalah disamping untuk dapat lebih memaksimalkan profit dengan usaha se minimal mungkin, Penggunaan sistem juga dibutuhkan jika sebuah organisasi tetap ingin bertahan di dunia bisnis. karena sistem informasi merupakan sesuatu yang sangat vital dalam pengambilan suatu keputusan, pelayanan kepada konsumer, koordinasi antar divisi, serta bagaimana mengontrol secara individu dari masing-masing pelaku di organisasi.


sekian pembahasan mengenai sistem informasi dan organisasi. yuks ikuti postingan saya selanjutnya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sistem informasi :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar